Masak dengan api kecil hingga ayam matang dan air habis, Koreksi rasaa dan matikan api.
  • Save

Mengenal 15 Makanan Khas Bali (Bagian I)

Mengenal 15 Makanan Khas Bali

Bwarung.com. Sebagai penyedia informasi web direktori dan review berbagai kuliner di Bali, Bwarung.com tidakĀ  lengkap jika hanya menampilkan daftar tempat makan di Pulau Bali saja. Meski demikian sajian menu lengkap tempat makan di Bali kami ketengahkan sebagai tambahan referensi anda ketika berwisata di Bali. Disamping juga sajian Masakan yang tersedia di Bali sangatlah beragam. Karena tidak hanya wisata alam Bali saja yang ditemui. Melainkan juga hidangan kuliner bali yang menjadikan Bali tempat wisata yang selalu di ingat. Untuk itu Web Direktori Penyedia Informasi Kuliner Bali Lengkap akan tetap memberikan ulasan terbaik baik masakan maupun tempat kuliner di Bali. Berbagai Macam sajian makanan yang di hidangkan di Bali bermacam-macam baik itu western, latin, mediterania, korea, India dan pastinya masakan lokal Nusantara Indonesia. Untuk itu ulasan berikut ini kami sajikan mengenal 15 Makanan Khas Bali Untuk anda jadikan referensi.

Sate Lilit Bali : 15 Makanan Khas Bali

Jika kita berkunjung ke Bali, sajian sate lilit sudah pasti banyak dihidangkan ketika biasa kita mampir ke berbagai tempat makan di Bali. Dimana ketika menu makanan yang ditawarkan adalah masakan khas lokal nusantara, rata-rata sajian Sate Lilit Bali ini kebanyakan sudah pasti di tawarkan. Sate lilit Bali sendiri biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka di berbagai restoran di Bali.

Nama lilit sendiri mengacu pada bentuk sate secara umum, tetapi ini dililitkan pada batang serai. Dimana olahan daging yang menyertainya adalah kebanyakan dari ikan tengiri maupun daging ayam. Tetapi ada baiknya juga semisal kamu adalah wisatawan lokal menanyakan bahan dagingnya, semisal tidak tercantum dalam menu yang tersajikan. Karena banyak dari wisatawan lokal ataupun mancanegara seperti Malaisya, Brunai atau dari Timur Tengah rata-rata sajian masakan halal yang lebih diutamakan. Untuk itu penting sekiranya menanyakan bahan olahan daging yang ditawarkan.

Sate lilit Bali begitu populer karena secara bentuk terlihat unik dari kebanyakan sate pada umumnya. Seperti diketahui Sate pada kebanyakan menggunakan tusuk bambu secara umum. Sedangkan Sate Lilit Bali lebih pada olahan campuran daging ikan tengiri maupun ayam yang dihaluskan kemudian dicampur bersama adonan tepung terigu, tepung kanji, kuning telur dan tumisan. Setelah itu dililitkan pada batang serai yang kemudian di panggang.

Pada penyajiannya Sate Lilit Bali dihidangkan bersama Bumbu Bali untuk saus bumbu makanan khas bali ini. Bumbu Bali sendiri adalah bumbu khas rempah-rempah yang diolah dihaluskan secara bersama dijadikan satu. Sehingga rasa pedas gurih manis menjadi sebuah santapan hidangan yang sangat berasa sekali.

Ayam Betutu : Sajian Masakan Khas Bali

Dari namanya Ayam Betutu adalah sajian makanan khas bali yang menggunakan bahan dasar satu ekor ayam kampung. Untuk potongan satu ekor ayam kampung ini bisa dibagi menjadi beberapa bagian sesuai selera kebutuhan dihidangkan. Menjadi khas dan populer karena masakan dari Bali ini dikarenakan faktor bumbu yang digunakan diberi nama bumbu khas betutu Bali. Ayam Betutu Bali ini secara awalnya berasal dari daerah Gianyar tepatnya dari desa Melinggih Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar Bali.

Secara diketahui wilayah daerah Gianyar adalah area pertanian dimana banyak para warga di daerah ini bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Sehingga tidaklah heran jika Masakan Ayam Betutu Bali ini mudah ditemukan di daerah ini. Tetapi Ayam Betutu tidak hanya ada di daerah ini saja melainkan di wilayah Gilimanuk sajian makanan khas bali populer ini juga banyak dijajakan.

Proses Pembuatan Ayam Betutu Bali

Proses olahan Ayam Betutu Bali ini terbilang sangatlah sederhana, dimana terdapat dua jenis bumbu yang digunakan dan dimasukkan dalam siraman air pada penggorengan. Dua macam bumbu dipakai dengan ditumbuk halus dan juga dirajang secara kecil-kecil (tipis). Sehingga penamaan dua jenis ini secara otomatis biasa dinamakan sebagai bumbu betutu. Proses masakan Ayam Betutu khas Bali ini adalah tumis dari bumbu halus (rempah-rempah) secara kebanyakan pada umumnya dan dicampur dengan bumbu yang dirajang halus. Kemudian Masukkan potongan-potongan ayam kampung tadi lalu kemudian disiram air sampai terendam. Proses pemasakan menggunakan nyala api yang sedang atau kecil dibiarkan hingga sampai air yang tercampur sebagai bumbu betutu bali tadi habis. Proses pemasakan ini biasa disebut (ungkep).

Begitu air yang dimasak tadi habis, bumbu-bumbu yang bercampur dengan Ayam sebagai bahan dasar masakan Ayam Betutu Bali ini siap dihidangkan. Sajian masakan proses sudah jadi ini biasa ditawarkan di Warung Makan atau pun Restoran Bali menyajikan Masakan Indonesia pada umumnya.

Rasa yang benar-benar gurih dan pedas menjadi sebuah penilaian tersendiri bagi para turis yang mendatangi Bali untuk wisata kuliner di Bali yang menyenangkan dan tidak terlupakan.

Demikian dua sajian makanan khas bali pada ulasan pertama dari kuliner bali. Jangan lupa untuk menantikan ulasan sajian Makanan Khas Bali selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *